5 Ciri-Ciri Body Lotion Yang Berbahaya, Wanita Wajib Tahu!

Bagaimana sih ciri-ciri body lotion yang berbahaya? Saat ini banyak produk kecantikan seperti lotion pemutih tubuh yang masih mengandung bahan kimia berbahaya. 

Pasarnya masih tak terbendung dan mengharuskan masyarakat untuk lebih berhati-hati, lebih cerdas dalam selektif. Karena jika tidak, efek samping mulai dari masalah kecil hingga kematian dapat terjadi. 

Uhh… Mengerikan, bukan?

Jadi, ada baiknya kamu pahami dulu apa saja ciri-ciri lotion pemutih tubuh yang berbahaya dan pahami juga beberapa zat yang tidak boleh ada di kandungan produk perawatan tubuh untuk mencegah memilih produk yang berbahaya. 

Bagaimana Ciri-Ciri Body Lotion Yang Berbahaya?

Bagaimana Ciri-Ciri Body Lotion Yang Berbahaya?
Sumber gambar: pexels.com/Ksenia-Chernaya

Body lotion berbahaya biasanya menjanjikan hasil yang sangat instan. Bahkan hanya dalam waktu 3-5 hari bisa memutihkan kulit tubuh seketika. 

Hm, apakah itu masuk akal? Sebenarnya sama sekali tidak masuk akal, mengingat produk yang aman memberikan proses sekiranya 3 bulan untuk benar-benar menghasilkan warna kulit yang cerah. Ingat… Cerah bukan berarti putih. 

Terlebih, produk body lotion yang tidak aman biasanya mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, hidroquinon, dan juga steroid. 

Nah Produk aman yang sudah terdaftar di BPOM pasti akan mencantumkan bahan apa saja yang terkandung pada produk tersebut, namun berbeda dengan yang tidak aman, produknya cenderung tidak mencantumkan bahan kandungan. 

Supaya lebih paham lagi mengenai ciri-ciri body lotion berbahaya, yuk perhatikan informasi di bawah ini. 

1. Efek Yang Ditawarkan Sangat Cepat

Ciri-ciri body lotion yang berbahaya yang pertama adalah menawarkan efek yang cepat. Yup, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tidak mungkin produk yang aman akan menawarkan hasil instan apalagi bisa memutihkan seketika. Jadi, jangan termakan janji manis yang ditawarkan oleh penjual produk body lotion yang tidak aman. 

Karena standar kecantikan sampai saat ini selalu menilai bahwa wanita cantik adalah wanita yang memiliki kulit putih. Inilah yang menjadi kelemahan banyak orang, dan akhirnya mencari produk pemutih cepat tanpa memikirkan apakah produk tersebut baik untuk digunakan atau tidak. 

2. Hasil Pemakaian Membuat Kulit Berwarna Pucat

Mungkin produk pemutih body lotion memberikan hasil yang sesuai dengan klaim, membuat kulit putih hanya dengan pemakaian beberapa kali saja. Namun, coba kamu perhatikan lagi, apakah warna putih yang dihasilkan benar-benar terlihat seperti warna kulit yang sehat atau malah cenderung pucat? Nah, itu dia yang harus diwaspadai. 

Apabila kamu sekarang sedang mengalami hal tersebut, sangat disarankan untuk cepat-cepat berhenti menggunakan produk lotion pemutih itu. Jika timbul efek lainnya, diharapkan segera pergi ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut. 

3. Efek Ketergantungan

Ingin berhenti pakai body lotion pemutih namun hasilnya malah membuat kulit kusam? Hm, itulah yang tidak beres! Produk yang aman, meskipun kamu berhenti menggunakannya tidak akan menimbulkan efek samping sama sekali apalagi sampai membuat kulit menjadi kusam. 

Berbeda dengan produk berbahaya yang justru menimbulkan efek samping yang bahaya seperti itu. Kebayang dong jika kamu gunakan untuk waktu yang panjang hasilnya akan jadi lebih parah seperti apa? 

4. Berbau Menyengat dan Tajam

Apabila kamu merasa body lotion yang kamu gunakan sekarang memiliki bau yang menyengat, ada baiknya kamu cek kembali keamanannya. 

Karena beberapa produk tidak aman yang mengandung bahan berbahaya akan menggunakan wewangian yang menyengat untuk menyamarkan bau dari bahan kimia yang bahaya itu. Jadi, untuk produk yang aman biasanya justru berbau segar bahkan sangat lembut dan tidak menyengat. 

5. Warna Produk Sangat Mencolok

Ciri-ciri body lotion yang berbahaya berikutnya adalah terkait dengan warna produknya. Apabila kamu menggunakan produk pemutih tubuh namun warnanya sangat mencolok misalnya seperti kuning mentega ataupun putih mutiara, lebih baik berhenti pemakaian dan coba cek kembali. 

Produk aman yang sudah teruji laboratorium tidak akan memiliki warna produk yang mencolok seperti itu. Kamu juga bisa bandingkan dengan body lotion yang aman yang biasa dijual di beberapa minimarket seperti Marina, Citra, Vaseline, dll. Semuanya tidak memiliki warna yang mencolok pada produknya, kan?

Nah, itulah beberapa ciri-ciri body lotion yang berbahaya yang sangat wajib kamu pahami supaya terhindar dari produk-produk lotion ataupun kosmetik yang berbahaya. Produk yang aman pastinya diproduksi oleh pihak berpengalaman seperti jasa maklon dan juga sudah mendapat izin edar dari BPOM.

Jadi, jangan malas cek produk yang akan dibeli guna menghindari efek samping berbahaya dari sebuah produk tidak aman. Semoga informasi kami sampaikan bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti Cbanoticias agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik lainnya. Terima kasih.