Bersifat General, Pahami Info Jurusan Pertambangan untuk Perempuan

Jurusan pertambangan untuk  perempuan tersedia jika memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang pertambangan. Ketahui lebih jauh seputar jurusan pertambangan untuk perempuan di bawah ini.

Jurusan Pertambangan

Jurusan Pertambangan untuk Perempuan

Pertambangan termasuk salah satu jurusan di fakultas teknik. Jurusan pertambangan mempelajari tentang ilmu eksplorasi dan eksploitasi emas, perak, batubara, dan hasil alam lainnya.

Dalam jurusan tersebut juga mendalami pemisahan antara satu partikel dengan partikel lainnya di berbagai temuan pertambangan. Jurusan yang merupakan salah satu cabang ilmu fakultas teknik juga mempelajari bagaimana proses pertambangan dilakukan.

Pertambangan hasil bumi tidak boleh sembarangan dilakukan. Dalam undang-undang tahun 2009 berisi tentang pertambangan bahwa hasil tambang dipergunakan untuk keperluan umum.

Dalam melakukan pertambangan juga harus mengurus izin terlebih dahulu. Lembaga yang berwenang tersebut yaitu jasa pengurusan IUJP.

Mata Kuliah Jurusan Pertambangan

Anda akan mendalami proses bagaimana melakukan eksplorasi dalam pertambangan. Proses eksploitasi, cara menggali, memproses hasil alam, penjualan, dan pemurnian akan dipelajari di jurusan pertambangan.

Proses dalam melakukan penggalian tambang juga dituntut mempunyai keahlian yang berbeda. Ada yang khusus menggali mineral, nikel, dan emas.

Mata kuliah yang terdapat dalam jurusan pertambangan sangat banyak. Anda akan mempelajarinya selama lebih kurang delapan semester.

Mata kuliah yang harus dikuasai seperti geologi fisik, kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, manajemen eksplorasi, dan lainnya. Anda juga akan menemukan mata kuliah kalkulus, komputasi tambang, ekonomi, dan kristal mineral.

Anda akan mendapatkan gelar sarjana teknik jika menyelesaikan jurusan tersebut. Jika ingin melanjutkan pendidikan Anda bisa memilih berbagai jurusan pascasarjana seperti manajemen dan ekonomi minerba.

Ada juga jurusan rekayasa mineral, eksplorasi sumber daya bumi, dan pengelolaan lingkungan tambang. Anda bisa memilih yang sesuai konsentrasi yang diinginkan.

Jurusan pertambangan bagi wanita boleh diambil jika memiliki keahlian yang dibutuhkan. Perempuan juga mempunyai hak yang sama dalam mempelajari dan mengeksploitasi hasil bumi.

Jurusan Pertambangan untuk Wanita Bersifat General

Jurusan pertambangan untuk wanita tidak ada yang dikhususkan. Jurusan pertambangan sama untuk semua jenis kelamin baik pria maupun wanita.

Ada banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan pertambangan seperti ITB dan UI. Anda bisa melanjutkan pendidikan pada jurusan pertambangan jika sudah melalui syarat yang ditentukan yaitu ujian masuk universitas.

Banyak peminat jurusan pertambangan karena gaji yang ditawarkan pada lulusannya sangat besar. Kualitas hidup menjadi terjamin dengan segala bonus yang diterima.

Perempuan yang berminat mengambil jurusan pertambangan harus memiliki fisik yang kuat karena harus menghadapi banyak galian. Sifat yang mudah emosional juga harus dikurangi karena banyak tim dari kaum pria.

Perempuan harus tahan banting dan tidak mudah ditindas dalam jurusan ini. Faktor minoritas terkadang membuat sebagian pria menganggap remeh perempuan yang mengambil jurusan pertambangan.

Dalam hal ini perempuan harus memiliki beberapa keahlian khusus supaya bisa menunjukkan powernya di depan rekan kuliah. Keahlian yang harus dikuasai seperti kemampuan observasi yang tinggi.

Kebanyakan mineral berada di bawah permukaan bumi sehingga memerlukan observasi yang tinggi dalam melakukan pertambangan. Keahlian selanjutnya adalah kerjasama antar tim harus baik.

Keberhasilan suatu pertambangan biasanya terjalin kerjasama yang baik antar anggota tim tambang. Anda juga harus banyak membaca untuk mengetahui fenomena suatu lokasi yang ideal untuk ditambang.

Lokasi pertambangan yang jauh di dalam hutan atau laut dalam membuat Anda harus memiliki keahlian bertahan hidup. Apapun bisa terjadi di alam bebas, Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Baca juga: Keren! Inilah 8 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali Terpopuler